Senin, 28 Januari 2013


5 Fakta Seputar Film Habibie Ainun

5 Fakta Seputar Film ‘Habibie & Ainun’ seperti yang dilansir oleh detikhot.com adalah sebagai berikut
1. Adaptasi dari Novel Laris
Film ‘Habibie & Ainun’ diangkat dari novel karya presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie dengan judul yang sama. Novel itu berhasil menjadi best seller pada 2011.
‘Habibie & Ainun’ mengisahkan sejarah hidup Habibie bersama sang istri, Ainun dari awal pertemuan sampai wafat. Buku yang dirilis dalam bahasa Inggris, Jerman dan Arab tersebut ditulis Habibie untuk membuatnya keluar dari black hole usai kepergian istrinya.

2. Karya Sutradara Faozan Rizal
Ketika film ‘Habibie & Ainun’ belum dirilis, banyak pemberitaan yang menyebutkan bahwa film tersebut merupakan karya sutradara Hanung Bramantyo. Apalagi Hanung kerap wara-wiri di setiap jumpa pers film tersebut sebagai salah satu narasumber.
Namun film tersebut sebenarnya adalah arahan sutradara Faozan Rizal. Ia sebelumnya menjadi cinematographer di film ‘Perahu Kertas’, ‘Tendangan dari Langit ‘, ‘Pengejar Angin’, hingga ‘Sang Pencerah’.
3. Di Balik Akting Memukau Reza Rahadian
Mendapatkan peran utama dalam film ‘Habibie & Ainun’ bukan hal yang mudah bagi Reza Rahadian. Ia harus saingan dengan aktor sekaliber Lukman Sardi dan Agus Kuncoro.
Menurut aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 itu, ia sampai dua kali casting hingga akhirnya bisa diterima sebagai pemeran utama. Memerankan toko Habibie merupakan suatu kehormatan bagi Reza.
Aktor yang menerima Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik itu pun belajar langsung pada Habibie untuk pendalaman karakter. Reza belajar gaya bicara Habibie, hingga pidato dengan bahasa Jerman.
“Tugas paling pol, belajar 4 hari ketemu intens di rumah pribadi beliau, bikin interview sendiri 2 jam. Hari kedua sediain 6 jam untuk baca skrip dari halaman 1 sampai 160 sekian. Paling susah sih ngikutin cara jalan beliau,” ungkap Reza baru-baru ini.
4. Tembus 700 Ribu Penonton dalam 5 Hari
‘Habibie & Ainun’ berhasil menyedot 706,000 penonton dalam 5 hari. Fakta tersebut tentunya menggembirakan. Sejumlah bioskop di Jakarta bahkan memutar ‘Habibie & Ainun’ lebih dari satu studio, sebuah keistimewaan yang biasanya diterima film-film Hollywood.
Belum dua minggu dirilis di bioskop, film tersebut sudah masuk jajaran lima besar box office Tanah Air. Bukan tak mungkin, dalam beberapa hari ke depan ‘Habibie & Ainun’ akan tembus satu juta penonton.
5. Pengaruhi Rumah Tangga BCL & Ashraff
Film ‘Habibie & Ainun’ memberi pengalaman baru sekaligus pelajaran bagi Bunga Citra Lestari. Pemeran Ainun itu mengaku mendapatkan perubahan dalam rumah tangganya.
“Syuting ini membawa pengalaman baru sekali buat aku, dari karaker yang aku mainkan. Dan, betapa kuatnya Habibi dan Ainun itu sendiri. Jujur saja mempengaruhi pola pikir aku mengenai relationship,” ungkap BCL saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2012).
Tak hanya mempengaruhi pola pikirnya, sang suami Asraff juga menjadi salah satu orang yang mengagumi BJ Habibie. “Asraff menjadi penggemar Habibie sekali. Mencari buku-bukunya. Jujur, itu mempengaruhi hubungan aku dengan Asraff. Yang bagus-bagus dari mereka bisa diambil,” tambahnya.
Meski begitu, BCL juga mengaku sempat merasa kesulitan memerankan sosok Ainun. Terlebih saat berperan sebagai seorang Ibu Negara. Namun BCL meyakinkan dirinya sedang memerankan sosok Ainun dari sudut pandang kisah cinta dua anak manusia.
sumber : http://ririez.blog.uns.ac.id/2013/01/06/5-fakta-seputar-film-habibie-ainun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar